Cilacap – Dinas Pangan dan Perkebunan  Kabupaten Cilacap dalam kegiatan Non Fisik TMMD Sengkuyung Tahap I Kabupaten Cilacap melaksanakan kegiatan Sosialisasi  dengan tema “memanfaatkan pekarangan untuk kebutuhan pangan keluarga” dan pada kesempatan tersebut sekaligus mengajak kepada warga desa Pengadegan “Untuk mencukupi kebutuhan pangan, dengan kondisi lahan yang sempit sangat susah diciptakan. Selain masalah lahan yang sempit, dibeberapa daerah, ketersediaan air juga menjadi kendala, air merupakan sumberdaya utama dalam produksi tanaman pertanian,” kata Eti Helinah, S.Sos, M.Si saat memberikan pelatihan tanaman Hortikultura yang berlangsung di Balai Desa Pengadegan, Senin (16/04).

Menutnya, Pemanfaatan lahan pekarangan dapat menjadi bagian penting dalam mendukung ketahanan pangan. Hal ini karena terjadi pemenuhan kebutuhan pangan rumah tangga secara cukup, berkualitas, bergizi, dan aman secara teratur. Tanaman bisa ditanam langsung maupun dengan media polybag.

“Karena pekarangan setiap saat bisa kita lihat maka pengawasan mudah dan ini dapat menjadi sarana mengatasi kelangkaan pangan keluarga, dan dapat mendukung usaha ketahanan pangan,” katanya

Tanaman yang cocok untuk ditanam pada lahan pekarangan adalah jenis tanaman hortikultura mulai dari sayuran, buah-buahan, dan obat-obatan. Dengan umur tanam yang pendek dan berkala dapat dimanfaatkan dalam mencukupi kebutuhan keluarga.

Seperti pada keadaan empat bulan terakir terjadi kelangkaan cabai, harga cabai hingga tinggi mencapai Rp.140.000,-/kg. Hal ini sangat meresahkan masyarakat khususnya masyarakat kecil. Pasalnya makan sambal adalah budaya masyarakat Indonesia, ada yang kurang jika hidangan diatas meja tidak ada sambal.

“Dengan adanya pemanfaatan lahan pekarangan, tentu dapat mengurangi pengeluaran belanja bulanan dan memberdayakan para wanita tani. Sehingga dalam mencukupi kebutuhan pangan, gizi dan nutrisi keluarga tidak terlalu menjadi beban masyarakat.” pungkas Eti Helinah saat memberikan pelatihan (sty)

Sumber: cahayacakti.cilacapkab.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here