Cilacap – Dinas Pangan dan Perkebunan Kab Cilacap melaksanakan kegiatan sosialisasi sekaligus pelatihan dalam rangka pengembangan tanaman kakao di Kabupaten Cilacap. Acara dilaksanakan di Balai desa Bulusari Kec. Gandrungmangu, 19 April 2018. Peserta yang hadir berasal dari 3 desa yang berada di kecamatan Gandrungmangu, yaitu Desa Bulusari, Cisumur, dan Sidaurip. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para petani kakao mengenai teknik dan budidaya tanaman kakao.

Kegiatan pelatihan dibuka oleh kepala Dinas Pangan dan Perkebunan, Ir. Susilan dan dihadiri oleh anggota Dewan dari Komisi A DPRD Kab. Cilacap, Romelan. Kepala Dinas Pangan dan Perkebunan menyampaikan bahwa komoditas Kakao merupakan salah satu komoditas unggulan di tingkat nasional, oleh karena itu pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan ketrampilan petani, sehingga kedepan produksi akan semakin meningkat. Penjelasan Kepala Dinas diperkuat dengan dukungan dari dewan, ” Kakao ini merupakan salah satu penyumbang devisa ke negara sehingga Dewan sangat mendukung kegiatan ini, bahkan perlu diadakan studi banding ke wilayah lain yang berhasil dalam mengembangkan kakao seperti Kabupaten Blitar dan Gunung kidul”. Kata Bpk Romelan dalam sambutannya di acara pelatihan tersebut.

Pada kesempatan ini juga diberikan penjelasan teknis dari bidang Perkebunan. Agus Priharso, S.Hut, MP. Kepala Bidang Perkebunan Dispabun Cilacap mengatakan “hama dan penyakit dalam pengembangan tanaman kakao perlu mendapat penanganan yang baik, karena bila diabaikan akan mengurangi produktivitas kakao ke depannya”.

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada para nara sumber. Salah satu peserta dari desa cisumur menanyakan perihal prospek dan pemasaran, “selama ini kami sudah mulai melakukan penanaman, tapi masalahnya kemana kami menjualnya, kami mengharapkan dibangun pabrik di wilayah kab. Cilacap.” Kata Petani dengan nada semangat. (Amr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here